28Nov 2024
DPMPTSP Ngawi Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Petugas Penanganan Pengaduan Mal Pelayanan Publik
Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Ngawi menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Petugas Penanganan Pengaduan Mal Pelayanan Publik, Kamis (28/11/2024), di ruang Co-Working Space MPP Kabupaten Ngawi.
Kegiatan Bimtek ini dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing gerai yang ada di MPP Kabupaten Ngawi, dengan menghadirkan narasumber dari Bank jatim Cabang Ngawi, Ibu Revina Setyorini.
Dalam sambutannya Bapak sekretaris Dinas, Moch Azis Romeli yang mewakili Kepala DPMPTSP Kabupaten Ngawi mengatakan kegiatan bimtek ini penting dilaksanakan untuk menyamakan persepsi dan pemahaman terkait pengelolaan pengaduan masyarakat. Menurutnya, pengaduan merupakan masukan berharga bagi penyelenggara layanan untuk terus memperbaiki kualitas pelayanan. Bapak sekdin berharap bahwa bimtek ini dapat memberikan pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan oleh peserta dalam mengelola pengaduan.
"Pengelolaan pengaduan yang baik adalah salah satu indikator keberhasilan dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Kami berharap bahwa bimtek ini dapat membantu peserta untuk memahami dan menerapkan tata cara pengelolaan pengaduan yang efektif dan efisien," ujar Romli.
Menurutnya MPP Kabupaten Ngawi berupaya memberikan akses seluas-luasnya bagi masyarakat untuk menyampaikan keluhan sebagai wujud reformasi dan demokratisasi pelayanan publik. Pengaduan masyarakat bisa disampaikan baik secara langsung maupun online melalui beragam saluran yang disediakan.
"Kami memiliki unit pengaduan, lengkap dengan sarana dan prasarana untuk mengelola setiap masukan, kritik dan keluhan dari masyarakat. Ini bentuk tanggung jawab kami kepada publik," tuturnya.
Acara ini dimoderatori oleh Kepala Bidang Perizinan DPMPTSP Kabupaten Ngawi, Lukas Kukuh Dwi Sarantyo. Ia mengatakan bahwa bimtek ini merupakan kesempatan bagi peserta untuk bertukar informasi dan pengalaman dengan narasumber dan peserta lainnya.
"Kami ingin memfasilitasi peserta untuk mendapatkan informasi yang akurat dan terkini tentang pengelolaan pengaduan. Kami juga ingin mendorong peserta untuk berdiskusi dan berbagi masalah dan solusi yang mereka hadapi dalam mengelola pengaduan," kata Lukas.
Salah satu peserta bimtek, Devia selaku Customer Service MPP Kabupaten Ngawi, megapresiasi kegiatan ini dan mengatakan bahwa bimtek ini sangat bermanfaat bagi peserta. Ia mengatakan bahwa bimtek ini memberikan kesempatan bagi peserta untuk berdiskusi dan berbagi masalah dan solusi yang dihadapi dalam mengelola pengaduan serta mendapatkan banyak ilmu dan tips dari narasumber dan peserta lainnya.
Bimtek berlangsung dengan lancar dan antusias, peserta bimtek aktif bertanya dan berdiskusi dengan narasumber. Peserta juga mendapatkan materi bimtek dalam bentuk modul dan sertifikat.